Tuesday, March 06, 2007

Core Competencies vs NonCore Competencies
Competing for The Future (Part II)

Agar dapat berkompetisi di masa depan, sebuah perusahaan harus bisa menentukan dan memupuk core competencies yang ada pada perusahaannya. Bukan hanya sekedar hardware, software, hr dan capital, tetapi semua yang berupa kekayaan dari perusahaan tersebut (termasuk intellectual capital).

Bagaimana menentukan core competencies? dan apa perbedaannya dengan noncore competencies? Ada 3 syarat yang bisa menentukan core competencies, yaitu:
1. Customer Value:
apa yang diingat konsumen merupaka benefit yang harus dikejar dan dipenuhi. Ini
merupakan salah satu core competence dari perusahaan tersebut.
2. Competitor Differentiation
apa yang membedakan perusahaan dengan perusahaan lain? ini merupakan sebuah core
competence. bukan berarti kompetensi ini harus benar-benar unik dan tidak ada
diperusahaan lain, tetapi lebih diutamakan adalah kompetensi yang dimiliki perusahaan
dengan standar yang tinggi melampaui perusahaan-perusahaan lain.
3. Extendability
bisa dikembangkan dalam artian kompetensi ini bisa membantu menciptakan produk2 atau
service baru yang berguna bagi kepentingan perusahaan.


To be continue ...

From Competeting for The Future
(Gary Hamel and C.K. Prahalad)

2 comments: