Wednesday, January 10, 2007

Perempuan Payah Menyetir & Parkir Mobil?



Tak hanya urusan menyetir mobil, urusan memarkir mobil pun kerap membuat para lelaki mengumpat jika berhadapan dengan pengemudi perempuan. Tak perlu gusar, karena hasil studi yang dilakukan oleh para ilmuwan the University of Giessen, Jerman ini akan menjelaskannya.

Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam The Journal Intelligence, ketidakmahiran dan perilaku seenaknya para pengemudi perempuan ini ternyata disebabkan oleh pengaruh hormon testosteron.


Akibat kadar hormon testosteron yang dimiliki oleh tubuh perempuan relatif sedikit, maka tak hanya lamban menyetir dan kurang piawai dalam memarkir mobil. Perempuan ternyata juga lebih sulit belajar menyetir mobil, membaca peta serta kurang akurat mengukur ruang dan bentuk (kemampuan spasial) dibandingkan laki-laki!

Penelitian ini melibatkan lebih dari 50 relawan perempuan dan laki-laki. Ujian yang diberikan kepada para relawan ini meliputi kecakapan memperhitungkan ruang dan tempat, membaca peta dan memarkir mobil, juga perhitungan angka dan gambar yang cukup rumit. Terbukti para relawan lelaki dalam penelitian ini rata-rata mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan perempuan. Duh...!

-- dari http://www.conectique.com/get_updated/article.php?article_id=4817