Tuesday, March 13, 2007

Ghost

Just a lost soul or an evil soul

Menurut orang, di tempat-tempat yang jarang didatangi oleh orang, pasti ada penunggunya. Penunggu di sini bisa disebut sebagai hantu. Di tempat-tempat yang gelap, redup atau tempat kejadian kecelakaan juga ada hantunya. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga kalau di kantor yang ramai ada hantunya juga .. hmmm

Ini terjadi di kantor ku, beberapa hari yang lalu terjadi kehebohan. Ternyata ada hantu yang menampakan diri. Sebenarnya apa yang dicari oleh hantu tersebut? apakah dia menampakan diri karena marah sebab tempat tinggalnya selama ini sedang direnovasi (NB: IT sedang renovasi ruangan) atau ada sebab lain.. yang menyebabkan hantu-hantu tersebut tiba2 saja menampakkan diri. Dan apa tujuannya hantu2 itu menampakan diri? agar sekedar di ketahui keberadaannya oleh orang lain atau untuk menakut-nakuti?

Sebenarnya apa itu hantu??? Secara umum definisi hantu merujuk pada kehidupan setelah kematian. Hantu juga dikaitkan dengan roh atau arwah yang meninggalkan badan karena kematian. Definisi dari hantu pada umumnya berbeda untuk setiap agama, peradaban, maupun adat istiadat. Meskipun secara umum hantu merujuk pada suatu zat yang mengganggu kehidupan duniawi, dalam banyak kebudayaan, hantu tidak didefinisikan sebagai zat yang baik maupun jahat. Sebutan setan, iblis, gondorowo, dan sebagainya, lebih umum digunakan untuk merujuk kepada hantu yang jahat. Sedangkan hantu yang baik yang dianggap mempunyai kemampuan untuk menolong manusia, disebut dengan bermacam nama yang berbeda, seperti sebutan untuk Datuk, Te Cu Kong (penguasa tanah, dalam agama Kong Hu Cu), dan lainnya. Tetapi di dalam kebanyakan agama, meminta hantu untuk membantu manusia adalah dilarang.Hantu dipercaya keberadaannya oleh hampir semua umat manusia yang mempercayai adanya Tuhan, meskipun hanya sebagian kecil yang mengakui pernah melihat hantu secara langsung. Keberadaan hantu menjadi pro dan kontra di banyak negara maju. Sebagian ilmuwan beranggapan hantu hanyalah ilusi ataupun khayalan mereka yang mempercayainya, sementara sebagian ilmuwan lain berusaha membuktikannya secara ilmiah adanya zat yang terkandung dalam hantu.(menurut wikipedia)


Jadi sama seperti manusia, hantu itu ada yang baik dan jahat ... tapi kenapa sering kali kita takut akan hantu-hantu tersebut? walaupun kita tidak tau hantu tersebut baik atau jahat. apakah hal-hal yang kita tidak ketahui membuat kita takut? bagi orang-orang yang tidak pernah melihat hantu, mendengar kata hantu pasti menimbulkan sensasi tersendiri. ada rasa takut, seram, benci dll. Benarkan kita takut krn kita belum pernah melihat hantu? atau karena pengaruh televisi dan film2 yang begitu besar sehingga bila kita mendengar kata hantu selalu terbayang makluk yang menyeramkan??

Aku sendiri belum pernah melihat hantu .. dan yah .. bila aku mendengar kata hantu, aku jadi takut sendiri. sepertinya terlalu banyakmenonton film hantu berakibat yang tidak baik bagiku. beberapa film hantu yang sudah pernah ku tonton antara lain exorsits, ju on, the ring (yang jepang maupun yang barat), kuntil anak dan bbrp film2 lain yang tentang hantu. Menonton film2 itu di bioskop tidak membuat aku takut, tetapi setelah pulang atau bbrp hari setelahnya, kenangan akan tempat-tempat penampakan dan wajah2 hantu di film2 tersebut masih tetap membayangiku .... jadi menyeramkan.

Tetapi apakah bentuk dari hantu sebenarnya? atau mereka tidak mempunyai bentuk? Menurut film Ghost whisper, hantu mengambil bentuk sama seperti saat mereka meninggal. Bila mereka meninggal dengan kesedihan, maka hantunya pun akan beraut muka sedih, apabila mereka meninggal dengan kebencian, maka hantunya akan dipenuhi dengan kebencian dan biasanya hantu-hantu ini lah yang sering mengganggu orang .. ingin melampiaskan kebenciannya.

Belum pernah melihat hantu, menyebabkan aku jadi sering bertanya2 .. apakah reaksi ku pada saat melihat hantu? pingsan, lari, atau apa? sampai saat ini, selama aku sadar aku belum pernah melihat hantu (kalo tidak sadar bahwa itu hantu tidak tau juga dech)... mendengar hantu menyebutkan nama ku sudah pernah .. tapi kalau melihat langsung belum pernah. dan semoga tidak akan pernah .. bukan takut atau gimana (padahal emang takut) tapi kalau di berikan kebebasan untuk memilih, lebih baik tidak.

No comments: