Sunday, March 25, 2007

Mogok Beramai-ramai Angkutan Umum?

Di serpong - tangerang, saat ini kendaraan umum (angkutan umum) sedang melakukan demo. saya sendiri tidak jelas demonya tentang apa. yang pasti mereka semua kompak tidak beroperasi hari ini. Tidak tau jelas hanya di daerah serpong - tangerang atau ke daerah jakarta juga.

Yang jelas terjadi, sejak jam 5 tadi pagi, jalan-jalan di serpong-tangerang menjadi sepi. Jarang sekali kendaraan umum yang berlalu lalang, bahkan hampir tidak ada. Dari rumah saya, yang biasanya tiap pagi terdengar bunyi-bunyi kendaraan berlalu lalang, hari ini sunyi senyap. Tidak ada lagi hiruk pikuk kendaraan-kendaraan umum tersebut. Bahkan tadi pagi, yang biasanya dari rumah ke stasiun, saya naik angkot, hari ini terpaksa jalan (hanya 5 menit sih. tapi kadang malas jalan dan naik angkot. :P)

Bila hal ini yang terjadi, bagaimana dengan nasib-nasib penumpang angkot tersebut? Atau lebih tepatnya bagaimana nasib saya?? apakah hari ini bisa pulang dengan selamat ke rumah? atau terpaksa pulang malam lagi?

Pertanyaan lanjutan yang muncul di benak saya, apakah demo ini merupakan cara yang efektif untuk menyampaikan aspirasi supir-supir angkutan umum tersebut? atau kah hanya akan membuat penumpang terbengkalai??

Nasib saya mungkin sedikit lebih beruntung, walaupun mengandalkan angkutan umum juga, tapi setidaknya masih ada alternatif kendaraan umum bisa digunakan. Hari ini saya naik kereta (kebetulan naik yang AC karena bangunnya kesiangan, dan tepat waktu .. tumben deh akhir-akhir ini kereta api mulai tepat waktu, mungkin karena terlalu sering di demo). Kereta api serpong-palmerah, menghabiskan waktu kurang dari 30 menit, setelah itu, karena khawatir angkutan umum di palmerah mogok juga, akhirnya naik ojek lah saya dari depan stasiun. setelah tawar menawar ojek (akhirnya dapat 7000) dan setelah 15an menit di ojek, sampailah saya di kampus binus ini. akhirnya, bisa juga kerja hari ini. padahal sudah memikirkan worst casenya. Dalam perjalanan di ojek tersebut, saya menyadari ternyata angkutan umum di palmerah ini tidak ikutan demo dan mogok. M11, M09, M24 tetap ada berseliweran. Mungkin demo nya hanya di daerah serpong - tangerang saja.

Setelah sampai di kantor, hal yang membuat bingung selanjutnya adalah bagaimana pulangnya? pulang kantor pasti sore, nah bagaimana angkutannya?? apakah sudah tersedia, memang sih rencananya pulang mau naik kereta api lagi. dari binus ke stasiun kereta naik M11 kemudian tinggal naik kereta sampai rumah. Tapi setelah itukan mau kursus ke melati mas (deket wtc). gimana yah kalau tidak ada angkutan?? bolos kursus?? sayang dong. udah bayar uang kursus kok. lumayan lagi. Makanya .. gak boleh males2an. Nanti sore mesti melihat situasi kendaran umum terlebih dahulu. baru bisa memutuskan akan pergi kursus atau tidak.